Berpikir Perubahan

1. PENDAHULUAN

Setiap hari kita menyaksikan perubahan. Pohon-pohon berubah menjadi lebih besar, namun juga ada yang semakin kering dan mati. Sungai berubah dari hari ke hari, kadang ia banjir dan kadang ia meluap, lalu surut dan menjadi kering. Demikian pula diri kita. Kita bertambah umur dan selalu ada yang baru. Kita berubah secara perlahan-lahan.

Dalam dunia usaha kita juga menyaksikan perubahan. Produk-produk baru selalu bermunculan menggantikan produk-produk lama, warung-warung dan restoran baru, tempat-tempat wisata dan sebagainya selalu datang mengantikan yang lama

Dulu untuk memotret kita harus menggunakan film rol yang dibeli tepisah dengan kamera. Sekarang, usaha yang dirintis oleh Kodak dan Fuji film tersebut mengalami kemunduran digantikan dengan kamera-kamera digital. Dan kini kamera pun terancam oleh hand phone yang juga dilengkapi oleh kamera. Hal serupa juga dialami oleh produsen mesin tik yang tergantikan dengan komputer, mesin faksimile yang tergantikan oleh internet dan Nokia tergantikan oleh Black Berry.

Perhatikan bagaimana nasib pada pemilik restoran yang banyak menjamur di daerah Puncak dan Cipanas menyusul dibukanya jalan baru Jakarta-Bandung melalui jalan tol yang hanya ditempuh dalam tempo 2 jam. Perhatikan juga pengusaha yang sudah menanam resiko pada produk-produk hoby seperti ikan Lohan dan pohon Gelombang Cinta.

Banyak entrepeneur yang tidak menyadari bahwa dunia ini penuh denan perubahan dan mereka tidak boleh duduk-duduk enak melewati hidup dari keuntungan tanpa kewaspadaan. Perubahan bisa terjadi setiap saat namun manusia selalu menyangkalnya dan tetap asyik dengan harapan-harapannya yang seakan-akan hidup dan nasibnya tidak pernah ada perubahan.

 

Manusia melihat perubahan, tetapi manusia tidak mampu melihatnya. Punya mata tetapi tidak melihat, sama seperti orang-orang yang berharta tetapi tidak berderma. Karena manusia selalu menyangkal realita-realita baru dan terbelenggu oleh realita-realita lama, rutinitas dan enggan berpikir tentang hal-hal yang baru. Semua itu terbentuk oleh mindset kita.

 

untuk lebih lanjut silahkan download disini: (Kewirausahaan) BERPIKIR PERUBAHAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s